Kamis, 24 November 2016

TUGAS GRAFIKA KOMPUTER 3 ( POLYLINE)

PolyLine...
Coding dibawah ini membentuk hasil seperti gambar dibawahnya...

/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

/**
 *
 * @author yulenz
 */
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
public class polyline extends JPanel {

  public void paint(Graphics g) {
      int[] xs = {25, 75, 125, 85, 125, 75, 25, 65, 25};
      int[] ys = {50, 90, 50, 100, 150, 110, 150, 100, 50};
      g.drawPolyline(xs, ys, 9);
      }
  public static void main(String[] args) {
    JFrame frame = new JFrame();
    frame.getContentPane().add(new polyline());

    frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    frame.setSize(200,200);
    frame.setVisible(true);
  }
}


Apabila ......Polyline dengan jumlah 9 
Pada coding ---->   g.drawPolyline(xs, ys, 9);
maka hasilnya sperti gambar berikut...

 












Apabila ......Polyline dengan jumlah 8 
Pada coding ---->   g.drawPolyline(xs, ys, 8);
maka hasilnya sperti gambar berikut...

ini membuktikan garis tidak terhubung (putus)
















Apabila ......Polyline dengan jumlah 5 
Pada coding ---->   g.drawPolyline(xs, ys, 5);
maka hasilnya sperti gambar berikut...

ini membuktikan garis tidak terhubung (putus)














Apabila ......Polyline dengan jumlah lebih (>9)
Pada coding ---->   g.drawPolyline(xs, ys,12);
maka hasilnya sperti gambar adalah kosong
mengapa demikian karena jumlah titik x dan y yang terbentuk tidak sama dengan 12 (>9)

Mengapa sampai terjadi demikian
dari gambar dengan jumlah titik 9 maka dihasilakn gambar yang utuh dimana saling terhubung dan apabila salah satu titik dihilangkan saja atau jumlah titik nol maka ada bagian atau sisi-sisi yang tidak terhubung sehingga tidak membentukPolyLine....

Membuat lingkaran { bentuk smile}
Membuat lingkaran seperti gambar dibawah ini.......
dengan menggunakan Java Netbeans....
















berikut kodingnya.....
ngga gampang bro butuh konsentrasi tinggi

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package smile;

/**
 *
 * @author yulenz
 */
 import java.awt.*;
 class smile extends Panel{
    smile(){
    setBackground(new Color(227, 227, 227));// warna background
    }
    public void paint(Graphics A){
    A.setColor(Color.white);
    A.drawArc(229,29, 152, 151, 0, 360);//draw lingkaran kepala
    A.setColor(new Color(237, 202, 39));
    A.fillArc(230,30, 150, 150, 0, 360);//warnai lingkaran kepala
    A.setColor(Color.blue);
    A.fillArc(265,70, 20, 40, 0, 360);//mata biru kiri
    A.setColor(Color.blue);
    A.fillArc(325,70, 20, 40, 0, 360);//mata biru kanan
    A.setColor(Color.red);
    A.fillArc(325,75, 20, 30, 0, 360);//mata merah kanan
    A.setColor(Color.red);
    A.fillArc(265,75, 20, 30, 0, 360);//mata merah kiri
    A.setColor(Color.black);
    A.fillArc(275,100, 65, 60, 0, -180);//fill mulut warna hitam
    }   
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        Frame f1 = new Frame();
        smile H = new smile();
        f1.add(H);
        f1.setSize(600, 300);
        f1.setVisible(true);
    }
}

Sedikit penjelasan untuk koding diatas
Penjelasannya 
 Super ("Lingkaran") nama untuk form projectnya 
setSize (600,400) Ukuran tampilan formnya 
G.setColor(color.blue) merupakan membuat warna bulatannya menjadi biru
g.drawoval (untuk membuat object yang nntinya menjadi lingkaran atau berbentuk oval


Tidak ada komentar:

Posting Komentar